Eksistensi Tumbuhan dan Pepohonan

Nama : Fepta Mardiana
Npm: 1931090087


Eksistensi Tumbuhan dan Pepohonan


Tumbuhan dan pepohonan sebagai salah satu unsur keanekaragaman hayati tersebut memiliki peran yang sangat besar bagi keberlangsungan hidup semua makhluk.Menurut Jamaluddin Husein Mahran, penyebutannya terdapat dalam 112 ayat yang tersebar di 47 surah. Terdapat 16 jenis tumbuhan disebut secara tegas dalam Al-Qur′an.3A Ayat-ayat .
tentang tumbuhan dan pepohonan tidak hanya disebut dalam konteks menjelaskan berbagai nikmat Allah yang harus disyukuri, tetapi juga dikaitkan dengan persoalan kekuasaan-Nya  manusuntuk membangkitkan ia kembali setelah mati, atau menghidupkan sesuatu dari yang mati dan sebaliknya.
Fungsi dan Manfaat Tetumbuhan dan pepohonan :

1. Tumbuhansebagai sumber makanan
Salah satu fase yang dilalui sebelum manusia mendapatkan makanan itu ialah melalui proses hujan terlebih dahulu. Turunnya hujan menyirami Bumi dan terbelahnya tanah ketika tumbuhan mulai keluar.Makanan manusia diperoleh baik secara langsung dari tumbuh-tumbuhan, maupun tidak langsung dari hewan dan produk-produknya yang tumbuh dan berkembang dengan memakan tumbuhan.
2. Tumbuhan dan pepohonan sebagai obat-obatan 
selain berfungsi sebagai bahan makanan juga berfungsi sebagai obat-obatan. Tumbuhan menjadi salah satu sumber utama dalam proses pencegahan dan pengobatan terhadap berbagai penyakit. Tumbuhan alami yang dapat di jadikan obat alami seperti jahe , kunyit , dll . Tumbuhan tersebut dapat di jadikan obat contoh nya seperti sekarang ini yang sedang viral yaitu virus corona , dengan tumbuhan jahe, kunyit tersebut dapat di buat jamu untuk kekebalan tubuh dan mencegah virus Corona tersebut. Dengan penggunaan yang aman, obat-obatan yang berasal dari tumbuhan jauh lebih aman dan tidak memiliki efek samping dibanding obat-obatan kimiawi. Saat ini, dalam dunia kedokteran modern sering ditemukan efek negatif dari penggunaan obat-obatan kimiawi seperti aspirin, nofalgin dan lainnya. 
3. Tumbuhan sebagai penghasil oksigen

Kehadiran tumbuhan jauh sebelum hewan dan manusia karena ia memiliki peran yang sangat besar dalam melapisi atmosfer bumi dengan oksigen sehingga layak untuk 
dihuni.13 Oksigen adalah bahan bernapas bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia dan binatang. 
4. Tetumbuhan dan pepohonan sebagai peresap air


Komentar